Rabu, 26 Juni 2013

Administrasi Organisasi , Manajemen dan data

Administrasi Organisasi , Manajemen dan data


 

Pandangan terhadap Ilmu Administrasi
SEMPIT
Administrasi berasal dari  bahasa Belanda : “Administratie” yang merupakan, yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan ini dalam bahasa Inggris disebut : Clerical works (FX.Soedjadi, 1989)
LUAS
berasal dari bahasa Inggris “Administration”, yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian, 1973)
 Administrasi ialah proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.
Sejarah ilmu administrasi
¢  Sekitar 1300 SM, bangsa Mesir telah mengenal Administrasi.
¢  Max Webber, seorang sosiolog berkebangsaan Jerman yang terkemuka pada zamannya, meyakini Mesir sebagai satu-satunya Negara yang paling tua yang memiliki administrasi birokratik.
¢  Demikian juga di Tiongkok kuno, dapat diketahui tentang konstitusi Chow yang dipengaruhi oleh ajaran Confucius dalam “Administrasi Pemerintahan”.
¢  Dari Yunani (430 SM) dengan susunan kepengurusan Negara yang demokratis, Romawi dengan “De Officiis dan “De Legibus”nya Marcus Tullius Cicero;
¢  abad 17 di Prusia, Austria, Jerman, dan Prancis, dengan Kameralis, yang mengembangkan ilmu Administrasi Negara, misalnya system pembukuan dalam hal Administrasi Keuangan Negara, Merkanitilis (sentralisasi ekonomi dan politik) dan kaum Fisiokrat yang berpengaruh selama kurun waktu 1550-1700-an.
mesir
Piramida Agung Giza, piramida tertua dan terbesar  di Nekropolis Giza dan satu-satunya bangunan yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. Dipercaya bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaun Mesir Khufu, dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM
cina
Confucianisme  mulai berkibar kembali selama dinasti Han (206 SM-tahun 220SM). Karya para Confucianis, disalin kembali dan diajarkan oleh para cendekiawan di berbagai akademi nasional. Karya-karya tersebut kemudian juga ditetapkan sebagai suatu syarat ujian negara untuk dapat memangku jabatan ketatanegaraan. Para calon pegawai yang akan ditempatkan dalam jabatan pemerintahan, haruslah memperlihatkan penguasaan pengetahuannya terhadap literatur klasik tersebut. Sehingga, paham Confucianisme menduduki posisi yang sangat mempengaruhi kehidupan politik dan intelektual China saat itu.
  romawi
¢  Marcus Tullius Cicero (Arpinum, 3 Jan 106SM—Caieta, 7 Des 43 SM). Negarawan Romawi, pengacara, penulis prosa, dan filsuf. 63 sebelum Masehi, menjadi konsul dan dapat menggagalkan komplotan Catilina.
¢  Setelah Caesar terbunuh (44 sebelum Masehi) memihak Octavianus melawan Antonius dengan pidato-pidato yang tajam.
¢  Merupakan pembentuk dan pembaharu bahasa Latin terbesar. Karya-karya falsafatnya besar pengaruhnya. Ia menulis pidato (57 buah tersimpan dan 17 fragmen lain), karya retoris yang teoretis, kupasan falsafat dan suratsurat (800 buah tersimpan).
indonesia
¢  Borobudur sebuah candi Buddha terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800 M pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.
¢  Administrasi awalnya dikuasai oleh nilai-nilai budaya yang anti bisnis, anti prestasi, dan sebagian besar anti manusia.
¢  Industrialisasi tidak bisa muncul apabila pusat kekuasaan ada pada mereka yang berkuasa seperti raja, yang memerintah dengan dikte tanpa memperhatikan manusia sebagai individu yang memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan
Puncak analisis ilmiah (scientific analysis) mengenai fenomena administrasi berdasarkan fakta sejarah dimulai pada akhir abad ke 19 dengan munculnya gerakan manajemen ilmiah (Scientific Management) yang dipelopori Frederick Winslow Taylor (1856-1925) sekaligus memberikan identitas “ilmu” bagi Administrasi yang kemudian disempurnakan dengan munculnya berbagai teori dan pendekatan bagi studi administrasi, seperti teori dan pendekatan birokrasi, hubungan manusia (human relation), teori pendekatan dan perilaku
Masa perkembangan ilmu administrasi, sejak lahirnya tahun 1886 sampai sekarang telah menjalani empat masa, yaitu :
survival period (1886-1930)
Tahun 1886 (disebut lahirnya ilmu administrasi), gerakan administrasi ilmiah dimulai oleh Frederick Winslow Taylor di Amerika Serikat yang dijuluki bapak ilmu manajemen, diikuti oleh Henry Fayol di Prancis yang dijuluki pula bapak ilmu Administrasi,para sarjana mulai memperjuangkan agar diakui sebagai ilmu yang mandiri (disiplin imu)
consolidation and completion period (1930-1945)
asas-asas, rumus-rumus dan kaidah-kaidah (norma) ilmu administrasi lebih disempurnakan. Mutu (quality) dan jumlah (quantity) para sarjana dikembangkan serta gelar-gelar kesarjanaan dalam ilmu administrasi Negara dan niaga banyak diberikan oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi.
human relations period (1945-1959)
sarjana administrasi mulai memperhatikan segi manusiawi dan menyelidiki segala hubungan dari semua orang dalam kegiatan kerjasama, baik hubungan yang bersifat resmi (dinas,formal) maupun yang tidak resmi (informal).
behavioral period (1959-sekarang
para sarjana administrasi meningkatkan penelitian mengenai tindakan dan perilaku orang-orang dalam kehidupan berorganisasi dan dalam bidang pekerjaannyan system maupun pendekatan kontingensi (contingency approach).
administrasi
¢  Dari Eropa Barat (Eropa Kontinental)  yang diperoleh dari peradaban Yunani-Romawi
¢  Administrator (direktur/direksi) – Administrasi Personil – Administrasi keuangan – Direktur Perusahaan – Administrasi Bisnis
manajemen
¢  Inggris
¢  Manager – Personnel Manager – Financial manager – Company Manager – Business management
¢  Adminster : melayani, mentaati terhadap majikan dan melakukan segala sesuatu sesuai kebijaksanaan majikan
¢  Administrare :menyelenggarakan Tata Usaha: registrasi, inventarisasi, pembukuan, dokumentasi, korespondensi, kearsipan
¢  Administratio : kegiatan-kegiatan unit-unit organisasi
¢  Administro : memimpin, mengatur, mengemudikan. (leadership, management)
Hubungan Administrasi dan Manajemen
Pendapat yang mempersamakan
 administrasi dan manajemen :
William H. Newman: Bukunya berjudul “administrative action”, tapi isinya menyangkut “the techniques of organization and management”.
M.E. Dimock : “Administration or management is a planned approach to the solving of all kinds of problems in almost every individual or group activity both public or private

Pendapat yang membedakan
 administrasi dan manajemen
Dalton E. McFarland: Administrasi ditujukan terhadap penentuan tujuan pokok dan kebijaksanaannya, sedangkan manajemen ditujukan terhadap pelaksanaan kegiatan dengan maksud menyelesaikan/mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijaksanaan
Ordway Tead : Administrasi sebagai suatu proses dan badan yang bertanggung jawab terhadap penentuan tujuan, dimana organisasi dan manajemen digariskan. Adminstrasi bersifat lebih menentukan garis besar daripada suatu kebijaksanaan dan pemberian pengarahan (general polices).
Kesimpulan...
¢  Administrasi dapat diartikan dengan arti sempit dan arti luas. Arti sempit sering disamakan dengan kegiatan ketatausahaan. Arti luas mencakup seluruh aspek kehidupan dalam suatu organisasi yaitu aspek organisasi, manajemen, komunikasi, informasi, personalia, keuangan, perlengkapan dan hubungan publik. Ada yang menyatakan administrasi sama dengan manajemen dan ada pula yang membedakannya, dan untuk menjawab hal tersebut dilihat dari sudut pandang masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar